Tingkatkan Kualitas Pelayanan, Menperin Digelari Pemimpin Perubahan

oleh -23 views
Sekretaris Jenderal Kemenperin Haris Munandar, Pada peringatan Hari Anti Korupsi tahun 2018, di Jakarta, Selasa (11/12).

INDIKASINews, Jakarta — Kementerian Perindustrian terus meningkatkan kualitas pelayanan kepada stakeholders, dunia industri dan masyarakat luas guna mengawal pertumbuhan dan kontribusi sektor industri manufaktur agar tetap menjadi penggerak utama bagi ekonomi nasional. Salah satu langkah strategis yang dijalankan adalah mencanangkan gerakan Zona Integritas di seluruh satuan kerjanya untuk senantiasa menciptakan Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK) serta Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM).

“Kemenperin bertekad untuk terus memperbaiki jajaran birokrasi yang bersih, efisien, efektif, produktif, transparan, melayani masyarakat, dan akuntabel. Hal ini dalam rangka menciptakan seluruh aparatur kami yang dapat turut mendorong kinerja sektor industri nasional semakin berdaya saing global,” kata Sekretaris Jenderal Kemenperin Haris Munandar di Jakarta, Selasa (11/12).

Pada peringatan Hari Anti Korupsi tahun 2018, Kemenperin berhasil meraih delapan penghargaan dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) karena telah melakukan pembangunan Zona Integritas. Tahun ini, Kementerian PANRB memberikan penghargaan kepada 205 unit kerja yang dinilai berkomitmen melakukan percepatan implementasi reformasi birokrasi.

Dari 205 unit kerja yang berhasil melakukan pembangunan zona integritas, lima unit kerja diantaranya mendapatkan predikat Wilayah Birokrasi Bersih Melayani (WBBM). Sementara 200 unit kerja lainnya mendapatkan predikat Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK).

Adapun tujuh satuan kerja Kemenperin yang meraih predikat WBK, yaitu SMK Sekolah Menengah Analis Kimia Padang, SMK Sekolah Menengah Teknologi Industri Padang, Balai Diklat Industri Padang, Balai Riset dan Standardisasi (Baristand) Industri Surabaya, Balai Besar Industri Hasil Perkebunan Makassar, Balai Besar Kerajinan dan Batik Yogyakarta, serta Balai Besar Kimia dan Kemasan Jakarta.

Selain itu, penghargaan juga diberikan kepada Isananto Winursito selaku Kepala Balai Besar Kerajinan dan Batik periode tahun 2016-2018, yang dinilai sebagai role model dalam membangun Zona Integritas di satker BBKB Yogyakarta hingga akhir masa baktinya. Penghargaan ini diserangkan langsung oleh Menteri PANRB Syafruddin.