Wapres Jusuf Kalla Minta Polisi Segera Mengusut Tuntas Penyebaran Berita Hoaks

oleh -194 views
Jakarta, INDIKASINews — Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) mengonfirmasi bahwa kesehatannya dalam keadaan baik setelah diterpa hoaks bahwa Wapres jatuh sakit dan dilarikan ke Singapura pada Kamis (24/8/17).
“Sehat ‘alhamdulillah’ saya hari Minggu main golf lagi, olahraga lagi,” kata JK di Kantor Wakil Presiden, Jakarta, Jumat (25/8/17).
Wapres RI yang ditemui jurnalis di Kantor Wakil Presiden setelah melaksanakan Salat Jumat bersama Presiden Joko Widodo di Masjid Baiturrahim Komplek Istana Kepresidenan, Jakarta, mengaku baru mendengar kabar tersebut pada Jumat pagi.
“Saya juga tahu, baru saya tahu tadi pagi, tapi rupanya Uceng sudah jelaskan,” kata dia.
Uceng, panggilan dari Husain Abdullah, juru bicara Wakil Presiden telah memberikan konfirmasi tertulis pada Kamis (25/8/17) malam, bahwa kabar tersebut salah dan gambar yang digunakan merupakan foto yang diambil pada 2015 saat Wapres meninjau pesawat ambulans yang akan dibeli Palang Merah Indonesia.
Sementara itu, pada Kamis malam tersebut, Wapres mengatakan tengah beraktivitas di kediaman resmi di Jalan Diponegoro, Jakarta, salah satunya menulis puisi sebagai hadiah ulang tahun pernikahan emas untuk Ibu Mufidah Jusuf Kalla.
Terkait upaya untuk mencegah agar tidak ada hoaks lagi, Wapres mengimbau media selalu melakukan pengecekan ulang pada setiap hal yang akan diberitakan sehingga masyarakat juga mendapatkan informasi yang akurat.
“Itulah sulitnya masyarakat tidak punya kesempatan untuk ‘recheck’, belum tentu tahu nomor ajudan saya, jadi kalau wartawan harus ‘recheck’, dong,” kata dia.
Selain itu, Wapres juga meminta polisi segera mengusut tuntas penyebaran hoaks tentang dirinya karena dikhawatirkan kebohongannya makin meluas dan membahayakan negara.
“Ya tentu, supaya jangan terulang-ulang, jangankan ini, perang bisa terjadi karena hoaks, yang terjadi antara Saudi dan Qatar ‘kan dipicu hoaks, bayangkan bahayanya kalau orang main-main dengan begitu,” kata dia. (smr/ht-red)

Loading...