Warga Cimanggu-Banten Keluhkan Limbah di Sungai Cijaralang

oleh -29 views

INDIKASINews, Banten — Pabrik pengolahan sagu yang berlokasi di Kampung Tagelan, Desa Cimanggu, Kabupaten Pandeglang-Banten diduga mencemari aliran sungai Cijaralang.

Pasalnya, sungai tersebut kerap digunakan masyarakat mencuci,mandi dan digunakan mencari ikan.

Akibat pencemaran limbah yang diduga oleh pabrik pengolahan sagu tersebut yang dibuang dan di alirkan ke sungai, masyarakat setempat pun sekarang sudah tidak bisa bahkan berani menggunakan air sungai Cijaralang, untuk turun ke permukaan airpun mereka sudah tidak berani, dikarenakan bau busuk yang menyengat dan merasa takut gatal-gatal.

“Sebelum ada pabrik pengolahan sagu ini, banyak masyarakat yang menggunakan air sungai tersebut, untuk mencuci, mandi dan mencari ikan, sekarang ini sudah tidak bisa lagi digunakan karena air sudah berubah warna berbusa dan serta mengeluarkan bau busuk, bahkan bisa dikatakan sungai ini sudah bisa disebut air Cikolomeran,” ujar salah satu warga.

Edim selaku Lsm gerbang Banten (GB) menambahkan mengatakan kepada indikasinews.com Sabtu, (15/2/2020) “Air sungai ini, kalau di musim kemarau yg panjang sangat di butuhkan oleh warga masyarakat kampung polos dan kampung Cijaralang, meskipun bukan kebutuhan Masak, walaupun tidak di konsumsi, tetapi air sungai tersebut bisa untuk mencuci pakaian dan mandi. Tapi sebaliknya kalau sudah tercemar seperti ini otomatis air tersebut tidak bisa di gunakan lagi,” ungkapnya.

Penulis: RB-IN
Editor: Red

Loading...