YBSIT Salurkan Bantuan ke 146 KK Korban Kebakaran di Duri Selatan

oleh -97 views
Aiptu Haryadi, Ketua Yayasan Bakti Sosial Ikhlas Tambora (YBSIT) (paling kanan) saat menyalurkan bantuan ke masyarakat, Sabtu (29/8/2020).

Jakarta – Pasca terjadinya kebakaran hebat yang menghanguskan 101 unit rumah, 25 unit sepeda motor dan harta benda yang terjadi di Jl TSS Gang Ucung RT 01, 02 dan 03 RW 05 Kelurahan Duri Selatan Kecamatan Tambora Jakarta Barat, Selasa (11/8/2020), Yayasan Bhakti Sosial Ikhlas Tambora (YBSIT) kembali mengadakan aksi sosialnya dengan menggalang dana untuk para korban kebakaran.

Satu hari pascakebakaran, Aiptu Haryadi, Ketua YBSIT memposting di status WhatsApp guna menjaring para donatur.

Agar penggalangan lebih terbuka dan diketahui masyarakat, YBSIT membuat banner bertuliskan nama donatur serta apa dan berapa jumlah yang diamanahkan kepada YBSIT.

“Ini kami buat bukan untuk memuji yang memberikan sumbangsih besar, mencela yang memberikan sumbangsih kecil atau bahkan yang tidak memberikan sumbangsihnya. Ini bukan ajang pamer, bukan ajang pamrih, namun agar tidak ada prasangka buruk dari dermawan/ ti atau pihak lain serta dapat memupuk kepercayaan publik terhadap YBSIT,” ujar Aiptu Haryadi.

Ia juga bersyukur atas kekurangan yang dimiliki, masyarakat lainnya masih bisa membantu korban kebakaran.

“Alhamdulillah dengan berbagai kekurangan dan keterbatasan, kami tetap semangat dan tulus membantu saudara – saudara kita yang saat ini mengalami musibah kebakaran.
Perlu diketahui bahwa sebagian dermawan/ti ini bukan dari kalangan menengah ke atas, bahkan ada beberapa orang di antaranya memberikan sumbangsihnya bukan karena sudah ada kelebihan, namun dengan justru dengan kekurangannya,” tambah Haryadi.

Haryadi dan rekan-rekan di YBSIT pun masih terlihat semangat. Karena, misi YBSIT sendiri membantu masyarakat yang membutuhkan.

“Meski setiap saat kami harus siap membantu saudara kita yang mengalami kedukaan dengan kegiatan santunan kematian untuk kaum dhuafa, yang sebulan bisa mencapai 29 kedukaan. Begitu juga kami melakukan aksi peduli covid-19 dengan membantu warga tidak mampu berupa pemberian bantuan sembako, masker dan hand sanitizer, kali ini kami tetap memperjuangkan saudara – saudara kita yang sedang mengalami musibah kebakaran,” tandasnya.

Pada 29 Agustus 2020, YBSIT berhasil menggalang dana sebesar Rp 30 juta lebih, berbagai macam sembako dan pakaian.

“Hasil penggalangan dana kami bagikan pada Sabtu, 29 Agustus 2020 dan berhasil mengumpulkan dana sebesar Rp30.350.000, mie instan 65 dos, pakaian 59 lusin dan 300 pcs masker,” lanjutnya.

Sedangkan hasil penggalangan dana tersebut disalurkan ke ratusan kepala keluarga yang mengalami musaibah kebakaran.

“Kami bagikan kepada 146 kepala keluarga dari 3 RT. Selain itu ada juga 2 orang anggota yayasan kami yang juga menjadi korban kebakaran di luar dari pada KK tersebut,” katanya.

Dengan telah disalurkannya bantuan tersebut, Aiptu Haryadi mengucapkan terima kasih kepada para donatur yang mau menyisihkan hartanya untuk korban kebakaran yang melanda ratusan jiwa.

“Kami mengucapkan beribu terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada dermawan/ti atas amanah yang diberikan kepada YBSIT untuk menyalurkan bantuan kepada saudara – saudara kita yang tertimpa musibah kebakaran. Dan menyampaikan permohonan maaf kepada saudara – saudara kita yang tertimpa musibah kebakaran atas bantuan yang diberikan jauh dari harapan. Namun itulah kemampuan kami, mohon dimaklumi dan diterima dan semoga berkah untuk kita semua,” tutup Haryadi.(mw)

Loading...